Anda perlu tahu, klik di sini

Minggu, 22 Februari 2009

STRES DAN PENANGGULANGANNYA

Stres saat ini bia dikatakan penyakit dunia moder yang banyak terdapat di kota-kota besar bahkan di pedesaan. Hal ini disebabkan pada volume pekerjaan, tuntutan gaya hidup, bahkan persaingan yang ketat dari persaingan bisnis sampai politik. Stress bisa melanda siapa saja, tidak kenal usia, jenis kelamin, pendidikan dan status sosial. Sesungguhnya apa yang mengakibatkan stress dan bagaimana cara penanggulangannya?
Stres bisa terjadi dari faktor dalam dan luar diri kita, stres bisa terjadi kapan saja. Apa yang kita impikan dan harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Hal ini salah atu penyebab terjadinya stres. Kondisi lain yang menyebabkan tres adalah kegagalan dalam ujian (pendidikan), cita-cita dan karir yang tidak tercapai, kehilangan pekerjaan, jabatan, ambisi yang berlebihan, kehidupan ekonomi yang tidak stabil/morat-marit, capek dalam suatu pekerjaan yang monoton dan terlalu lama, suasana kehidupan rumah tangga/keluarga yang tidak harmonis antara suami dan istri, orang tua dan anak, anak dengan anak, bahkan dengan tetangga, masyarakat sehingga mengakibatkan komunikasi yang tidak lancar dan tidak efektif.
Setiap orang pasti punya masalah dari masalah yang kecil sampai yang besar. Dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah tesebt setiap orang menerima dan menyeleaikan dengan cara yang berbeda. Ada yang menghadapi dan menyelesaikan dengan pikiran dan hati yang tenang. Ada pula yang menghadapi dengan emosional. Semua itu tergantung dari pengalaman hidup yang berbeda, dimulai dari kehidupan keluarga yang bisa menempa dirinya menjadi pribadi yang kuat dan berjiwa besar sampai kepada pengalaman hidup dan kehidupan keluarga yang broken home.
Stres bisa dilihat dari perilaku dan keadaan seseorang mulai dari keluhan seperti cepat lelah, letih perasaan cemas dan tegang, suka marah-marah, rambut rontok bahkan gangguan sistem pencernaan, gangguan tidur, juga gangguan uus yang diertai seringnya buang air. Gejala yang lebih parah lagi susah berkonsentrai dan tidak biosa mengerjakan pekerjaan walaupun sekecil mungkin. Puncak yang lebih parah lagi menimbulkan sesak nafas, badan gemetar, keringat bercucuran dan akhirnya bisa mengakibatkan seseorang semakin fatal.
Cara menghilangkan dan menanggulangi stres tidak lain adalah dari dalam diri kita sendiri :

1. Timbulkan semangat dan keyakinan diri bahwa setiap masalah akan dapat diselesaikan
dengan baik.
2. Bersyukur dan berdo'a kepada Allah bahwa kita masih diberi kesempatan untuk hidup
menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.
3. Bersabar dalam menyelesaikan masalah.
4. Jangan bergaya hidup mewah, terima apa adanya sehingga pengeluaran tidak lebih bear dari
pendapatan (besar pasak dari tiang).
5. Belajarlah berkomunikasi yang baik dengan teman/kerabat sehingga menimbulkanhubungan
yang baik dan harmonis.
6. Berbicara dan bertukar fikiran dengan teman/sahabat yang bisa membantu memecahkan
masalah kita.
7. Berolah raga teratur.
8. Rekreasi untuk releksasi menghilangkan kejenuhan dan kepenatan dalam menghadapi
pekerjaan/persoalan yang dihadapi setiap hari.
9. Selalu minum jus segar dan perbanyak minum air putih.
10. Cobalah untuk hidup santai dan bergembira, selalu tersenyum dan bercanda dengan teman
dan kerabat, karena senyum dan tertawa itu bisa mengendurkan urat saraf yang tegang.
11. Menarik nafas di udara yang segar atau udara di pagi subuh.

INDRIAWATY, SH
MINGGU 22 FEBRUARI 2009
JAM 21. 00 Wib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar